Dioda Zeneradalah diode yang memiliki karakteristik menyalurkan arus listrik mengalir ke arah yang berlawanan jika tegangan yang diberikan melampaui batas "tegangan tembus" (breakdown voltage) atau "tegangan Zener". Ini berlainan dari diode biasa yang hanya menyalurkan arus listrik ke satu arah.

Dioda dengan  nomor seri 1N4729ini adalah dioda zener silikon dengan tegangan Zener sebesar VZ = 3,6 Volt ±5% dan maksimum daya yang dapat didisipasi sebesar PD= 1 Watt. Dioda yang dikemas dalam selubung gelas hermetik DO-41 (DO-204AL) ini dapat beroperasi pada rentang suhu yang sangat lebar, dari -65°C hingga +200°C.

Toko komponen elektronika online kami menjual Dioda Zener 1N4729 3.6V/1W ini dalam paket berharga murah berisi 10 buah dioda per lot-nya.


Penjelasan Singkat Tentang Dioda Zener

Dioda yang biasa tidak akan mengalirkan arus listrik untuk mengalir secara berlawanan jika dicatu-balik (reverse-biased) di bawah tegangan tembusnya. Jika melampaui batas tersebut, diode biasa akan menjadi rusak karena kelebihan arus listrik yang menyebabkan panas.

Sebuah diode Zener memiliki sifat yang hampir sama dengan diode biasa, kecuali bahwa alat ini sengaja dibuat dengan tegangan tembus yang jauh dikurangi, disebut tegangan Zener. Saat diode Zener dicatu-balik akan menunjukan perilaku tegangan tembus yang terkendali dengan melewatkan arus listrik untuk menjaga tegangan jatuh supaya tetap pada tegangan Zener. Sebagai contoh, sebuah diode Zener 3.2 Volt akan menunjukan tegangan jatuh pada 3.2 Volt jika diberi catu-balik. Namun karena arusnya terbatasi, diode Zener biasanya digunakan untuk membangkitkan tegangan referensi, untuk menstabilisasi tegangan aplikasi-aplikasi arus kecil, untuk melewatkan arus besar diperlukan rangkaian pendukung IC atau beberapa transistor sebagai keluaran.