2N4401adalah transistor BJT (Bipolar Junction Transistor) tipe NPNberdaya sedang yang dirancang untuk digunakan sebagai penguat berdaya sedang ataupun untuk aplikasi switchingumum lainnya dimana arus pada kolektor dapat mencapai hingga 500 mA(maksimum 600 mA, namun tidak dianjurkan melebihi 500 mA).
Maksimum perbedaan potensial antara terminal kolektor dan emitor (Collector-Emitter Voltage, VCEO) sebesar 40 VDC, antara kolektor dan basis (Collector-Base Voltage, VCBO) sebesar 60 VDC, dan antara emitor dan basis (Emitter-Base Voltage, VEBO) sebesar 6 VDC.
Total daya yang dapat diserap (Total Power Dissipation, PD) pada suhu lingkungan (Ambience Temperature, TA) 25°C sebesar 625 mW, menaik 5 mW setiap kenaikan 1°C. Komponen elektronika ini dapat beroperasi pada rentang suhu persimpangan-antar-terminal (Junction Temperator, TJ) antara -55 hingga +150 °C. Komponen ini memiliki karakteristik termal sebagai berikut: Hambatan termal antara suhu pada persimpangan dengan suhu sekitarnya (Thermal Resistance of Juction-to-Ambience temperature, RΘJA) sebesar maksimum 200 °C/W; hambatan termal antara suhu pada persimpangan dengan suhu pada kemasan (Thermal Resistance of Junction-to-Case temperature, RΘJC) sebesar maksimum 83,3 ° Celcius per Watt.

Berikut kami lampirkan tabel karakteristik elektris dari transistor NPN ini (selengkapnya dapat dilihat pada datasheetyang kami lampirkan tautannya di bawah):

Kami menjual transistor ini dalam paket pasangan dengan komplemen dari 2N4401, yaitu transistor bipolar tipe PNPdengan nomor seri 2N4403. Pasangan kedua transistor ini merupakan favorit para perancang rangkaian Audiountuk digunakan sebagai penguat berdaya sedang (mid-power amplifier) karena hasil keluaran dari pasangan transistor ini yang rendah derau (low noise output).

Transistor 2N4403 memiliki maximum ratingyang mirip dengan pasangannya, hanya berbeda pada besaran beda potensial maksimum antara kolektor dan basis (Collector-Base Voltage, VCBO) sebesar 40 VDCdan beda potensial antara emitor dan basis (Emitter-Base Voltage, VEBO) sebesar 5 VDC. Kami lampirkan juga tabel elektrisitas untuk 2N4403 berikut ini...