2N7000adalah N-channel enhancement-modeMOSFET (Metal-Oxide Semiconductor Field Effect Transistor), komponen elektronika yang sering digunakan pada aplikasi saklar (switching) berdaya rendah. 2N7000 mirip dengan BS170, hanya berbeda di urutan pin dan batasan arus (untuk arus di bawah 200mA, Anda bisa menggunakan komponen ini sebagai pengganti BS170). Varian lainnya yang mirip adalah VQ1000J dan VQ1000P. Komplemen P-channeldari 2N7000 adalah BS250P.

2N7000 dikemas dalam bentuk TO-92. Batasan tegangan maksimum pada terminal sumber (Drain Source Voltage, VDSS) adalah 60 Volt dengan maksimum perbedaan tegangan kontinu sumber dan gerbang (Repetitive Gate-Source Voltage, VGS) sebesar ±20 Volt, mampu menangani arus kontinu (ID) hingga 200 mA (bila berupa pulsa IDMbisa hingga 500 mA), dengan nilai resistansi maksimum saat aktif RDS(on)sebesar 5Ω pada VGS=10 Volt.

2N7002— varian dari 2N7000 dengan resistansi sedikit lebih tinggi dan batasan arus lebih besar — tersedia dalam kemasan TO-236 (juga dikenal sebagai SOT-23 SMT / "small outline transistor surface-mount package") yang merupakan komponen SMT 3-terminal yang paling sering digunakan.


Informasi Penting tentang 2N7000 (dan komponen FET lainnya)2N7000 adalah transistor DMOS MOSFET yang sangat bagus untuk aplikasi switching. Komponen elektro ini dapat digunakan seperti transistor (BJT) NPN, namun tidak memerlukan pembatas arus / resistor bias pada terminal basisnya (terminal gerbang dapat dikatakan tidak memakan arus). Bahkan susunan terminalnya mirip dengan transistor BJT: S-G-D berkoresponden dengan E-B-C.
Namun yang perlu diperhatikan, komponen ini (sama halnya dengan komponen FET lainnya) rentan terhadap listrik statis. Sebelum menyentuh komponen FET, selalu netralkan (grounded) tubuh Anda untuk melepaskan listrik status yang terakumulasi.
Karena kerentanannya ini, komponen FET haruslah dikemas dan disimpan secara benar (dalam kantung anti-statis). Ujilah komponen FET sebelum dipasangkan ke rangkaian untuk memastikan komponen berfungsi dengan baik.
Catatan: bila Anda membeli dari azTech, kami selalu menjual komponen FET dalam kemasan anti statis.