MM74HC163adalah sirkuit terpadu berkecepatan tinggi dengan teknologi gerbang silikon CMOS (kode HC) dari keluarga IC logika 74xxyang berfungsi sebagai pencacah/penghitung biner tersinkronisasi penuh (fully synchronous binary counter) sepanjang 4-bit (dari 0 sampai 15). IC ini memiliki internal carry look-aheadyang ideal digunakan pada rancangan rangkaian elektronika yang membutuhkan penghitung berkecepatan tinggi. IC ini memiliki imunitas yang tinggi terhadap derau elektris.

Operasi penghitungan dilakukan secara tersinkronisasi dengan semua flip-flopbekerja secara simultan. Moda operasi ini menghilangkan masalah "counting spikes" yang umum terjadi pada penghitung dengan pewaktu riak asinkron (asynchronous ripple clock counter). Pemicu flip-flop bekerja pada saat signal berubah menjadi positif / positive-going edge waveform.

Tipikal frekuensi operasi 40 MHz dengan waktu tunda propagasi tipikal (clock to Q) hanya 18 ns. IC ini juga hemat daya dengan arus diam (quiescent current) kurang dari 80 µA dan arus masukan (sinked input current) maksimum 1 µA saja. IC yang dikemas dalam kemasan PDIP 16-pin yang ramping (300 mil, pin-pitch 0.1") ini dapat digunakan pada rangkaian bertegangan antara 2 hingga 6 Volt DC.

Toko komponen elektronika kami juga menyediakan versi Schottky berdaya rendah (kode LS, Low Power Schottky TTL) dari IC pencacah tersinkronisasi 4-bit ini, dapat dipesan dengan kode SKU 74LS163.