74HC373adalah Integrated Circuit CMOS/TTL yang berfungsi sebagai Octal D-Type transparent latch. IC ini memiliki 8 pin masukan dan 8-pin keluaran — masing-masing pasangan pin untuk satu latch terpisah — dengan pin keluaran dapat disetel ke satu dari 3 kondisi: HIGH, LOW, atau OFF (High-Impedance, dapat dianggap tidak ada). Secara fungsional IC ini identik dengan 74HC533, 74HC563, dan 74HC573 (bedanya: pada 533 dan 563 isi keluaran merupakan kebalikan logika dari pin masukan, pada 563 dan 573 beda pengaturan letak pin).

Selain pin masukan/keluaran, terdapat pin LE (latch enable) dan OE(output enable). Pin OE bersifat active-low, artinya pin ini akan aktif saat diberi signal positif atau sebaliknya non-aktif pada saat signal di pin ini ditarik ke ground.

Ketika pin LE aktif (HIGH), data pada pin masukan akan diterima oleh latch. Karena bersifat transparan, perubahan data secara seketika direfleksikan di pin keluaran. Ketika pin LE non-aktif (LOW), data pada masukan terakhir (tepatnya pada transisi dari HIGHke LOW) akan diingat / disimpan oleh latch.

Ketika OE aktif (LOW), data pada latch dapat diakses pada pin keluaran. Ketika OE non-aktif (HIGH), pin keluaran akan berstatus OFF (moda impedansi tinggi atau diskoneksi dari rangkaian). Perubahan signal pada pin OE tidak berpengaruh pada isi data di latch.

IC ini mampu bereaksi dengan cepat karena waktu tunda propagasi (propagation delay) dari pin masukan ke pin keluaran hanya selama 12 ns (nanosecond, 12 per-semilyar detik), dan lama proses penyimpanan (
dari saat LE berubah menjadi HIGH) hanya 15 ns — waktu ini berlaku pada kondisi kapasitansi beban sebesar 15pF dengan catu daya VCC= 5 Volt pada suhu lingkungan Tamb= 25°C. Kapasitansi pin masukan sebesar 3,5 pF per pin.