74HC595adalah IC (integrated circuit, sirkuit elektronika terpadu) dari keluarga TTL seri 74xxyang berfungsi sebagai Shift Register. Kami menjual IC ini dalam 2 pilihan kemasan / packaging: versi DIP-16 (Dual In-line Package 16 pin, 4 IC per paket) dan versi SMD (Surface Mounted Device, 74HC595D, 5 IC per paket).

Komponen elektronika ini memiliki register (kumpulan flip-flop) sepanjang 8-bit yang menerima masukan secara serial dan keluaran paralel dalam 8-pin keluaran. Data masukan disimpan pada register penyimpanan tipe-D sepanjang satu byte (8 bit D-type storage register).


Register penyimpanan ini memiliki keluaran paralel dengan 3 kondisi (3-state): HIGH, LOW, dan NULL (High-Z, High Impedance). Sumber detak terpisah disediakan untuk masing-masing register (shift registerdan storage register). Shift Register memiliki pin kendali SRCLR untuk mereset data di antrian (direct overriding clear control), pin masukan serial (SER),  dan pin keluaran serial untuk disambungkan dengan IC lainnya (cascading). Dengan adanya pin keluaran serial ini, data keluaran paralel dapat diekspansi menjadi lebih dari 8-bit, contohnya dengan menyambungkan 4 IC 74595 akan didapat keluaran paralel sepanjang 4x8 = 32 pin keluaran.

Ketika pin kendali output-enable(OE) berada pada kondisi HIGH, keluaran berada pada kondisi NULL / High-Impedance (kondisi di mana pin bersangkutan dapat dianggap tidak tersambung dengan rangkaian elektronika, terjadi karena nilai impedansi / hambatannya yang sangat tinggi).

Baik shift register clock(SRCLK) maupun storage register clock(RCLK) dipicu pada sisi positif signal (positive-edge triggered). Bila kedua sumber detak disambungkan bersama-sama, shift registerakan selalu satu pulsa detak lebih awal dibanding storage register.

Berikut ini adalah diagram logika dan waktu (logic diagram + timing diagram) dari IC 74595 (klik pada gambar untuk memperbesar tampilan):



74HC595 Pin-Outs Diagram: