IC 74688 dari keluarga IC TTL/CMOS logic 74xxxadalah pendeteksi ekualitas untuk membandingkan dua angka biner 8-bit (0-255) dan melaporkan apakah kedua angka tersebut sama (bit per bitnya identik).

Saat kedua angka P dan Q (diinput pada pin P7:P0 dan Q7:Q0) bernilai identik, pin keluaran P=Q(pin #19) akan bernilai LOW, sebaliknya saat kedua angka tidak identik (P<Q atau P>Q), pin tersebut akan bernilai HIGH.

Untuk membandingkan angka lebih dari 255, IC ini dapat disusun secara beriam (cascading), contohnya 2 IC = 2 x 8-bit = 16 bit untuk membandingkan angka antara 0 hingga 65535, dst. Untuk itu disediakan pin pengaktif G (active low, pin#1) dimana komparasi hanya akan dijalankan saat pin ini ditarik turun (LOW).

Toko komponen elektronika Vcc2GND.com menyediakan dua varian dari IC ini, yaitu varian Low-Power SchottkyTTL (seri LS, 74LS688) dan High-Speed CMOS (seri HC, 74HC688).

Catatan: terlepas dari namanya, seri HC lebih hemat daya dibanding seri LS, sebaliknya kecepatan switchingpada seri LS lebih cepat dibanding seri HC. Sinyal pada seri LS kompatibel sepenuhnya dengan tingkat tegangan TTL, seri HC memiliki rentang catu daya yang lebih luas. Walaupun kedua varian ini sama secara fungsional, karakteristik elektriknya berbeda, silakan sesuaikan dengan rangkaian yang Anda buat. Selengkapnya silakan membandingkan kedua datasheet yang kami lampirkan.