78L05adalah IC 3-terminal (dikemas dalam bentuk TO-92) adalah pengatur tegangan positif (positive voltage regulator) dengan kemampuan mengalirkan arus hingga 100 mA. Komponen elektronika ini ditujukan untuk rangkaian yang membutuhkan arus relatif kecil dan berukuran ringkas. Tidak diperlukan komponen eksternal untuk mengoperasikan komponen ini.

Anda juga dapat menggunakan komponen ini untuk membuat regulator arus besar dengan 78L05 berfungsi sebagai sub-elemen penyalur tegangan (power-pass). Kegunaan lainnya sebagai penghilang derau elektris (electrical noise) dan mengatasi masalah distribusi tenaga yang melekat pada sistem regulasi tunggal (single-point regulation).

Komponen ini memiliki pembatas arus (current limiting) internal dan fitur pengamanan terhadap kelebihan suhu (thermal-shutdown) yang secara esensial membuat komponen ini tahan terhadap kelebihan beban. Ketika digunakan sebagai penggantu untuk rangkaian kombinasi dioda zener dan resistor, pengingkatan yang efektif dalam impedansi keluaran dan bias arus yang lebih rendah dapat diperoleh.

Catatan: Walaupun secara umum tidak diperlukan komponen eksternal, sebaiknya tambahkan kapasitor eksternal 0,33µF antara terminal masukan dan COMMONsebagai bypass bufferapabila komponen ini terletak jauh dari sumber daya. Selain itu walaupun tidak diperlukan untuk stabilitas, dapat juga ditambahkan kapasitor 0,1µF untuk meningkatkan transient response. Tempatkan kedua kapasitor ini sedekat mungkin dengan 78L05 untuk kinerja yang optimum.