IC A5368CAadalah sirkuit terpadu CMOS dari Allegro Microsystems dalam kemasan PDIP-16 berarus rendah yang menyediakan semua fitur yang dibutuhkan untuk mendeteksi asap dari sensor tipe ionisasi (misalnya dengan HIS-07 Ionization Chamber Smoke Sensor).

IC ini dapat digunakan pada jaringan yang memungkinkan hingga 125 unit untuk saling terhubung pada satu jaringan. Juga tersedia fitur khusus untuk memfasilitasi penyearahan dan pengujian (alignment & testing) saat rangkaian selesai dirakit. IC ini dirancang untuk memenuhi spesifikasi standar UL217 dari Underwriters Laboratories.

Osilator internal dan sirkuit pencacah waktu menjaga konsumsi daya serendah mungkin dengan waktu deteksi hanya 10 ms setiap 1,66 detik. Setiap 24 siklus (interval 40 detik), pengujian dilakukan untuk mengecek kondisi baterai. Dengan mengganti tipe-tipe sensor lainnya, atau sebagai saklar untuk pendeteksi ionisasi, IC yang sangat hemat daya ini dapat digunakan pada berbagai aplikasi keselamatan / keamanan yang dioperasikan menggunakan baterai. Komponen elektronika ini dapat digunakan pada rentang suhu 0 hingga 50°C.

Fitur IC A5368

Berikut ini diagram bagian fungsional dan aplikasi tipikal dari komponen elektronika ini: