IC AD595CQadalah sirkuit terpadu monolitik keluaran Analog Devices Inc.yang merupakan penguat instrumentasi (instrumentation amplifier) yang lengkap dan kompensator persimpangan dingin untuk termokopel (thermocouple cold junction compensator). IC ini merupakan solusi terintegrasi untuk aplikasi sensor temperatur berbasis thermocoupleyang ditujukan untuk perangkat industri dimana presisi dan keandalan sempurna merupakan "harga mati".

IC ini mengkombinasikan referensi titik beku es (ice point) dengan penguat terkalibrasi (precalibrated amplifier) untuk menghasilkan keluaran berimpedansi rendah (10 mV/°C) secara langsung dari sinyal termokopel.

Opsi pengikatan pin memungkinkan IC ini digunakan sebagai kompensator penguat linear atau sebagai saklar pengendali keluaran menggunakan kendali setpoint tetap (fixed) maupun remote. IC ini dapat digunakan untuk menguatkan tegangan kompensasi secara langsung, sehingga dapat mengkonversi sinyal masukan menjadi transduser suhu mandiri dalam derajat Celcius dengan keluaran tegangan berimpedansi rendah.

AD595 menyertakan sistem peringatan terhadap kegagalan termokopel yang mengindikasikan jika satu maupun kedua kawat termokopel terlepas (terbuka). Keluaran alarm ini memiliki format yang fleksibel, termasuk kemampuan untuk mengendali-arahkan sinyal TTL.

IC AD595 dapat dicatu dengan tegangan tunggal (termasuk +5V) dan dengan menyertakan pasokan tegangan negatif, suhu di bawah titik beku (0°C) juga dapat diukur. Untuk meminimalisasi panas dari operasi internalnya, AD595 secara tipikal bekerja dengan total pasolan arus sebesar 160 µA saja dalam keadaan tidak tersambung beban (unloaded), namun IC ini mampu juga menangani beban hingga ±5 mA.

AD595 dikalibrasi menggunakan metoda LASER wafer trimming untuk menyesuaikan karakteristik masukan dari termokopel tipe-K (chromel-alumel). Tegangan transduser suhu dan resistor pengatur tingkat penguatan (gain control resistor) tersedia pada pin kemasan sehingga sirkuit dapat diatur ulang (recalibrated) recalibrated untuk tipe termokopel lainnya dengan menambahkan dua sampai tiga resistor eksternal. Terminal-terminal ini juga memungkinkan kalibrasi yang lebih presisi untuk aplikasi termokopel maupun aplikasi termometer lainnya.

Varian "C" pada AD595CQ menandakan tingkat akurasi tertinggi dari seri IC ini dengan akurasi 1°C (seri "A" tingkat akurasinya hanya 3°C), dikemas dalam kemasan PDIP-14 (cerdip package).