Arduino Dueadalah varian papan pengembang mikrokontroler Arduino yang menggunakan CPU Atmel SAM3X8E ARM Cortex-M3. Dengan demikian, Arduino Due adalah Arduino Development Boardpertama yang didasarkan pada mikrokontroler ARM 32-bit.

catatan: Arduino Due yang dirilis tahun 2012 dengan CPU 32-bit ARM Cortex-M3 sama sekali berbedadari Arduino Duemilanovedengan MCU 8-bit ATmega168 yang dirilis tahun 2009. Miskonsepsi yang sering terjadi karena "Due" disalah-artikan sebagai singkatan dari Duemilanove. Due adalah advancedboardbaru dengan kemampuan jauh di atas varian Arduino lainnya, Duemilanove adalah entry-levelboardlama yang merupakan "pendahulu" Arduino Uno.



Papan pengembang ini memiliki pin masukan/keluaran digital sebanyak 54 pin (12 di antaranya berkemampuan PWM), 12 pin masukan analog, 4 UART / hardware serial port, pencacah-waktu / clockberfrekuensi 84 MHz, koneksi dengan kemampuan USB OTG, 2 DAC (digital-to-analog converter), 2 TWI (Two Wire Interface, kompatibel dengan protokol I2C dari Phillips), soket jack catu daya standar (5,5/2,1mm), konektor SPI header, konektor JTAG header, tombol reset, dan sebuah tombol hapus (erase button).

Kelebihan utama Arduino Due dibanding varian Arduino lainnya terletak pada penggunaan CPU ARM Cortex-M3 yang memiliki fitur sbb.:
Sumber catu daya dapat diambil dari port USB atau catu daya eksternal antara 6 ~ 16 Volt DC (direkomendasikan antara 7 ~ 12 VDC). Untuk membuat program, Anda dapat menggunakan Arduino IDE versi 1.5x(bukan versi 1.0 seperti pada Arduino lainnya) yang dapat diunduh secara gratis dari website resmi Arduino.

PENTING: Berbeda dengan papan pengembang Arduino lainnyaArduino Due beroperasi pada tingkat tegangan 3,3V (sama seperti Arduino Pro Mini 3v3 / Raspberry Pi). Memasok dengan tegangan lebih tinggi (seperti 5V) ke pin I/O dapat merusak papan ini. Bila perlu menghubungkan dengan peralatan / modul yang bekerja dengan sinyal TTL 5 Volt, Anda dapat menggunakan 5V-3v3 level converter (khusus untuk I2C, gunakan I2C Level Converter) yang juga kami jual dengan harga murah di toko komponen elektronika online ini.

Kekurangan Arduino Due dibanding varian Arduino lainnya yang menggunakan MCU ATmega adalah tidak adanya EEPROM terpadu. Apabila Anda membutuhkan EEPROM, Anda dapat menggunakan modul EEPROM tambahan sebesar 32 KB (32 kali lipat kapasitas EEPROM pada Arduino Uno) menggunakan AT24C256 EEPROM Module.