Arduino Uno R3 adalah seri terbaru dari Arduino Uno, papan pengembang purnarupa yang menggunakan mikrokontroler ATmega328P dari keluarga AVR 8-bit keluaran Atmel. Pada revisi ketiga ini digunakan ATmega16U2 (pada revisi sebelumnya menggunakan ATmega8U2) sehingga memiliki kapasitas memori buffer ISP yang lebih besar yang mengakibatkan peningkatan kecepatan transfer pada saat pemrograman.

Untuk menggunakan modul ini tidak diperlukan driver untuk pengguna Linux atau Mac OS, untuk pengguna sistem operasi Windows berkas inf yang dibutuhkan tersedia dalam paket Arduino IDE.

Untuk pengguna tingkat lanjut, ATmega16U2 dapat diprogram melalui header ISP (berbeda dengan header ISP untuk ATmega328, header ini terletak dekat IC ATmega16U2) sehingga fungsi USB pada Arduino Uno dapat diprogram sesuai kebutuhan (default sebagai USB Virtual Serial, dapat diprogram sebagai USB HID seperti mouse, keyboard, joystick, dsb.).

Pada revisi ini sudah ditambahkan pin SDA and SCL (untuk I2C) di samping pin AREF. Sebagai tambahan, tersedia dia pin baru di dekat pin RESET: pin IOREF yang memungkinkan shields (modul-modul yang dirancang khusus untuk meningkatkan funsionalitas Arduino Uno) beradaptasi dengan tingkat tegangan pada modul utama, dan pin lainnya yang dimaksudkan sebagai cadangan untuk penggunaan di masa depan. Arduino Uno R3 dapat digunakan dengan berbagai shield yang sudah ada dan dapat beradaptasi pada shields generasi baru yang menggunakan pin-pin tambahan ini.

Ringkasan Fitur Arduino Uno R3:

Sekilas Tentang Arduino

Arduino adalah platform komputasi fisik yang dirancang secara terbuka (open-source physical computing platform) yang didasarkan pada papan I/O sederhana dan lingkungan pengembangan (development environment) yang mengejawantahkan bahasa pemrograman C/C++ yang disederhanakan seperti pada bahasa Processing/Wiring. Arduino dapat digunakan untuk mengembangkan perangkat elektronika mandiri yang interaktif atau digunakan bersama komputer di mana perangkat lunak pada komputer berfungsi sebagai terminal / pengendali.

IDE (Integrated Development Environment, aplikasi terpadu untuk mengembangkan aplikasi) dapat diunduh secara gratis (tersedia untuk Windows, Linux 32/64-bit, dan MacOS/X) dari situs resmi Arduino. Anda juga dapat menggunakan jasa layanan penyalinan media CD yang memuat perangkat lunak ini dari kami.