Arduino Shield Ethernet W5100ini adalah modul yang dapat dipasangkan langsung di atas papan Arduino untuk menambahkan fungsi LAN / Ethernet dalam proyek rangkaian elektronika Anda yang menggunakan papan pengembang Arduino. Dengan menggunakan modul komunikasi ini Arduino Anda dapat dihubungkan dengan perangkat lain yang mendukung protokol TCP/IP atau UDP.

Menghubungkan dan menggunakan modul Arduino Ethernet Shield ini sangat mudah, proses pemasangan dan pemgrograman hingga Arduino terhubung dengan internet hanya memakan waktu beberapa menit saja. Cukup pasangkan modul ini di atas papan Arduino, sambungkan dengan kabel network RJ45 (kabel tidak termasuk dalam paket), ikuti tutorial pemogramannya (menggunakan pustaka Ethernet yang sudah tersedia di paket perangkat lunak Arduino IDE), dan Arduino Anda siap dikendalikan lewat internet.

Untuk dapat menggunakan Arduino Shield ini diperlukan papan Arduino (tidak termasuk dalam paket, Arduino board dapat dipesan di sini) dan tegangan operasi 5V (dapat dipasok dari papan Arduino, pin 5V).

Spesifikasi Ethernet Controller: chip Wiznet W5100 dengan internal buffer 16 Kb, kecepatan koneksi 10 / 100Mb (Fast-Ethernet). Papan ini terhubung dengan Arduino melalui port SPI. Dapat mendukung hingga 4 koneksi simultan.

Sebagai tambahan sudah tersedia slot micro-SD card yang dapat digunakan untuk menyimpan file yang akan disajikan ke jaringan. microSD card reader ini dapat diakses melalui SD Library (juga sudah tersedia di Arduino IDE).  Catatan: Ketika menggunakan pustaka ini, SPI SS menggunakan pin 4.