Atmel AT24C1024BW-SH25menyediakan ruang penyimpanan data sebesar 1 juta bit (1,048,576 bits = 1 Megabit) dalam sel memori semi-permanen yang dapat tetap mempertahankan isi data walaupun tidak dialiri arus listrik (non-volatile memory) berupa EEPROM(Electrically Erasable and Programmable Read Only Memory) yang disusun dalam 131,072 kata (word), masing-masing sepanjang 8 bit atau setara dengan 128 Kilo Byte.

Sebagai gambaran, apabila digunakan untuk menyimpan data pelanggan (ID, nama, no. telepon, sisa kredit, total transaksi, dsb. dalam 64-byte data record), satu IC ini mampu menampung data hingga lebih dari 2000 entri data,  Apabila digunakan untuk data logging, misalnya mencatat data dari sensor suhu via ADC 12-bit pada frekuensi pencatatan 1 sampel per detik, satu keping IC ini cukup untuk merekam pencatatan hingga sehari penuh,

Data dapat dibaca secara acak (random access read) maupun berurutan (sequential read). Untuk operasi penulisan, lelain byte write, data bisa ditulisi dalam satu halaman (page) sekaligus (halaman dapat ditulisi sebagian), Terdapat 512 halaman masing-masing sepanjang 256 byte. Frekuensi pencacah waktu menggunakan frekuensi 1 MHz. Sirkuit terpadu ini juga dilengkapi dengan terminal proteksi penulisan (write protect pin) dan penyaringan masukan (filtered input) untuk menekan derau elektris.

Komponen elektronika SMD (surface mount device) yang dikemas dalam kemasan SOIC-8 0.2" wide body packaging (8S2 EIAJ SOIC) ini menggunakan tegangan antara 2,5 Volt hingga 5,5 Volt untuk pasokan catu dayanya.