IC MCU (Microcontroller Unit) ATmega162 dari Atmel merupakan mikrokontroler berasitektur RISC dari seri AVR 8-bit yang menyediakan ruang kode program (flash memory) sebesar 16 KB, RAM Statis 1024 bytes, dan EEPROM 512 bytes dalam satu keping sirkuit terpadu. Kecepatan MCU ini mencapai 16 MHz, atau mendekati 16 MIPS (16 juta instruksi per detik) mengingat sebagian besar instruksi dapat dieksekusi dalam satu siklus tunggal.

Kelebihan ATmega162 dibanding seri lainnya adalah kemampuannya untuk mendukung penggunaan memori RAM eksternal hingga 64 KB dengan tersedianya external memory bus. Detail tentang cara akses memori eksternal dapat dibaca pada datasheet(tautan terlampir) di bagian I/O memory, halaman 25.

Komponen elektronika yang dikemas dalam kemasan TQFP-44 (kode "AU" pada ATmega162-16AU) menyediakan 35 jalur masukan/keluaran (I/O, input/output lines) dalam 5 portterpisah (Port A hingga Port E), dengan 6 kanal di antaranya dapat difungsikan sebagai keluaran quasi-analog menggunakan PWM (Pulse Width Modulation). Catatan: MCU ini tidak dilengkapi ADC terpadu seperti yang tersedia di ATmega32.

Mikrokontroler ini dapat dioperasikan dengan catu daya antara 2,7 Volt hingga 5,5 Volt.

Apabila diperlukan, toko komponen elektronika kami menyediakan versi PDIP-40 dari mikrokontroler ini, dapat dipesan di ATmega162-PU.