ATmega328P-AUadalah IC mikrokontroler versi SMD (TQFP-32 packaging) dari seri ATmega328Pyang populer (digunakan sebagai MCU utama pada beberapa model Arduino). Varian Arduino yang populer untuk kalangan profesional, Arduino Pro Mini, menggunakan varian SMD dari ATmega328 ini sebagai mikrokontrollernya.

Chip ini merupakan produksi Atmel yang merupakan anggota dari keluarga AVR 8-bit dengan kapasitas flash(program memory) sebesar 32 Kb (32.768 bytes), memori (static RAM) 2 Kb (2.048 bytes), dan EEPROM (non-volatile memory) sebesar 1024 bytes. Kecepatan maksimum yang dapat dicapai adalah 20 MHz.

Rancangan khusus dari keluarga prosesor ini memungkinkan tercapainya kecepatan eksekusi hingga 1 cycle per instruksi untuk sebagian besar instruksinya, sehingga dapat dicapai kecepatan mendekati 20 juta instruksi per detik (pada saat menggunakan osilator kristal 20 MHz).

ATmega328 adalah prosesor yang kaya fitur dengan 20 pin Input/Output(21 pin bila pin reset tidak digunakan, 23 pin bila tidak menggunakan oskilator eksternal), dengan 6 di antaranya dapat berfungsi sebagai pin ADC (analog-to-digital converter), dan 6 lainnya memiliki fungsi PWM (pulse width modulation).

Chip ini sudah memiliki modul USART (Universal Synchronous and Asynchronous serial Receiver and Transmitter) terintegrasi, hardwareSPI (Serial Peripheral Interface), hardwareTWI (Two Wire Interface, kompatible dengan protokol I2C dari Phillips, 2x pencacah (timer) 8-bit, 1x pencacah 16-bit, RTC (Real Time Counter) dengan osilator terpisah, watchdog timer, komparator analog terintegrasi, pendeteksi tegangan turun (brown-out detector), sumber interupsi internal dan eksternal, dan osilator internal yang terkalibrasi (8 MHz).

Pemrograman (proses upload kode program dari komputer ke IC) dapat dilakukan dengan mudah menggunakan programmer serial (contoh: usbISP) atau dengan parallel programming mode melalui koneksi paralel (LPT port) komputer Anda.

Untuk referensi selengkapnya, silakan baca penjelasan di artikel mengenai ATmega328P-20PU(IC yang sama dengan packagingPDIP-28).

.