ATmega64Aadalah mikrokontroler 8-bit yang hemat daya dengan arsitektur AVR (RISC tingkat lanjut). MCU ini mampu mengeksekusi sebagian besar instruksinya dalam satu siklus pencacah waktu tunggal (single clock instruction execution) sehingga mampu mencapai kecepatan 1 MIPS per MHz. Dengan frekuensi osilasi maksimum adalah 16 MHz. MCU ini dapat mencapai kecepatan 16 MIPS (enam belas juta instruksi per detik).

Sirkuit inti AVR mengkombinasikan set intruksi yang komprehensif dengan 32 register untuk pemakaian umum, semuanya tersambung secara langsung dengan bagian penghitung aritmetik (ALU, Arithmetic Logic Unit) sehingga memungkinkan dua register independed diakses bersamaan dalam satu siklus instruksi, hasilnya adalah efisiensi eksekusi dengan kecepatan hingga sepuluh kali lipat dibanding mikrokontroler konvensional berbasis CISC.

Fitur utama ATmega64A-AU antara lain:

Anda dapat menggunakan IC ini untuk menggantikan ATmega103 dengan konfigurasi pin yang sama tanpa mengubah firmware, silakan baca datasheet terkait untuk keterangan selengkapnya.

Mikrokontroler ini juga sudah dilengkapi dengan sirkuit pendeteksi sentuhan (touch sensing) terpadu, untuk memanfaatkan fitur ini pustaka Atmel QTouch dapat diunduh secara gratis dari website Atmel. Pustaka tersebut mendukung metoda akuisisi data QTouch dan QMatrix.

Untuk pemrograman Anda dapat menggunakan Atmel Studio 6 IDE yang dapat diunduh gratis dari website Atmel (tautan terlampir di bagian referensi).