Atmel AVR ATtiny13A-SSUATtiny13A adalah mikrokontroler mungil seri ATtiny dari keluarga AVR 8-bit keluaran Atmel yang berarsitektur RISC (Reduced Instruction Set Computing). Microcontroller ini mampu mengeksekusi instruksi dalam 1 siklus waktu (single clock cycle execution), dengan demikian walaupun berukuran fisik kecil (dikemas dalam bentuk SMD berkemasan SOIC-8 untuk ATtiny13A-SSU), komponen ini mampu 'berlari' hingga kecepatan 20 MIPS saat menggunakan eksternal clock20 MHz (menggunakan catu daya 5V). Bila menggunakan catu daya 2v7 kecepatan maksimum yang dapat dicapai adalah 10 MHz, atau 4 MHz pada catu daya 1v8 (pasokan daya rendah / low power supply). Konsumsi daya mikrokontroler ini sangatlah hemat, hanya 190µA saat aktif, 24µA saat siaga (pada catu daya 1v8, kecepatan 1 MHz) sehingga cocok diaplikasikan pada perangkat bergerak / portable device.

Kapasitas kode program (program memory) IC ini sebesar 1 Kb (1024 bytes) berupa memori Flash dengan fitur In-System Self-Programmable, artinya dapat memprogram dirinya sendiri lewat antarmuka SPI.

Mikrokontroler ini sudah dilengkapi memori SRAM (Static Random Access Memory) sebesar 64 byte dan NVRAM (Non-Volatile RAM) / EEPROM sebesar 64 byte.

Walaupun mungil, mikrokontroler ini memiliki banyak fitur secara terintegrasi, antara lain pewaktu/penghitung (timer/counter) dengan praskalar selebar 8-bit, dua kanal PWM (Pulse Width Modulation) yang dapat mensimulasikan keluaran analog, 4 kanal konversi analog ke digital (ADC / Analog-to-Digital Converterdengan presisi 10-bit), watchdog timer yang dapat diprogram dengan osilator terpisah (sudah terintegrasi dalam chipini), pembanding analog / analog comparator terintegrasi, protokol debugWire untuk debugging, antarmuka SPI (Serial Peripheral Interface), sumber interupsi internal dan eksternal, sirkuit pendeteksi tegangan jatuh (brown-out detection circuit), dan osilator terkalibrasi internal. Total I/O yang tersedia sebanyak 6 jalur dengan multi fungsi yang dapat dipilih dari kode program.

ATtiny13A pinout diagram