ATtiny85-20SU adalah MCU (micro-controller unit) keluarga mikrokontroler 8-bit dalam kemasan SMD SOIC8 (8S2 / EDR-7320) yang diproduksi oleh Atmel Corp. Sebagai anggota dari seri AVR ATtiny, komponen ini dikemas dalam bentuk sangat kecil sehingga cocok digunakan untuk perangkat bergerak / aplikasi rangkaian yang membutuhkan ruang kecil dan ringan.

Mikrokontroler keluaran Atmel dikenal memiliki kinerja tinggi, daya tahan yang sangat baik, dan hemat dalam mengkonsumsi energi. Mikrokontroler ini berbasis RISC 8-bit. Walaupun mungil, komponen elektro ini memiliki fitur yang sangat memadai dengan ruang kode program sebesar 8 KB yang dapat diprogram secara mandiri (ISP flash memory, In-System Self Programmable), 512 bytes EEPROM NVRAM (Non-volatile RAM, data dapat disimpan walaupun dalam keadaan mati / tanpa catu daya), 512-Byte RAM statis, 6 kanal akses (I/O lines), 32 general register, 8-bit timer / counter dengan mode pembanding, USI, Interupsi 8-bit internal dan eksternal, 4 kanal konversi Analog-ke-Digital (ADC / Analog-Digital Converter) selebar 10-bit, watchdog timer yang dapat diprogram dengan osilator internal, tiga modus kinerja yang dapat dipilih dari perangkat lunak untuk memilih tingkat pemakaian energi (sangat berguna dalam aplikasi perangkat bergerak yang berjalan dengan tenaga baterai), dan fasilitas debugWIRE untuk membantu proses pencarian kesalahan program (debugging).

Komponen elektronik ini dapat beroperasi pada frekuensi 20 MHz dengan rentang catu daya antara 2,7-5,5 volt. Dengan mengeksekusi instruksi dalam satu siklus tunggal (single cycle clock), komponen ini mencapai kecepatan mendekati 1 MIPS per MHz, sehingga mencapai keseimbangan optimal antara konsumsi daya dan kecepatan pemrosesan.