Tactile Push Button 12mm(SPST, Normally Open) ini adalah tombol tekan (push button) yang bersifat momentary(non-latched) dengan dimensi 12x12x13 mm. Arti dari kata tactile(designed to be perceived by touch) adalah dapat dirasakan pada saat disentuh / dioperasikan, saat ditekan ada respon balik berupa rasa dan bunyi 'klik' seperti saat Anda menekan tombol mouse di komputer Anda.

Secara fungsional tombol ini sama seperti tactile push button 12mm biasa, namun dengan daya tahan yang lebih baik (enhanced mechanical/electrical durability) hingga 1 juta kali penekananatau 10 kali lebih awet dibanding tactile buttonbiasa, mampu dialiri listrik dengan tegangan hingga 24 Volt DC, dan tampilan yang lebih menarik secara visual yang dilengkapi dengan kepingan penutup tombol (cap) berbahan plastik dua lapis (biru dan transparan).

Gaya yang diperlukan untuk menekan tombol yang diproduksi oleh Omron ini dengan nomor model BF3-4000 bertipe projected(tinggi 7,3 mm tanpa cap) ini sebesar 260gf atau ekivalen dengan 2,55 Newton.

Tombol ini memiliki ratingarus maksimum 50 mA, tegangan maksimum 24 Volt DC (beban resistif) . Nilai resistansi pada kontak maksimum 100mΩ (pada 1mA 5VDC), dengan nilai hambatan insulasi minimum 100 MΩ (diukur pada 250 VDC) dan kekuatan dielektris sebesar 500 VAC untuk 1 menit menit (frekuensi 50/60Hz). Bounce time(waktu fluktuasi tegangan pada saat switching) maksimum 5 ms.

Toko komponen elektronika online kami menjual Omron tactile push buttonini dalam paket berisi dua set per lot (1 lot = 2x B3F-4055 tactile switch button + 2x plastic transparent-blue cap) dengan harga murah.