Papan pengembang pemograman logika kompleks (CPLD / Complex Programming Logic Device Board) ini menggunakan IC CPLD Altera EPM240T100C5(MAX-II) yang mengandung 240 elemen logika berkecepatan tinggi (hingga 150 MHz). Dengan menggunakan paket piranti lunak yang dapat diunduh secara gratis dari website resmi Altera, rangkaian logika yang kompleks atau rancangan HDL dapat dengan mudah dibuat dan diunduh ke dalam papan pengembang ini menggunakan perangkat keras pengunggah kode yang kompatibel, misalnya dengan menggunakan mini USB Blaster programmer lewat konektor JTAG 10-pin.

Modul berukuran 5x7 cm  ini sudah dilengkapi dengan pengatur tegangan terpadu (on board 3v3 regulator) dan soket DC standar sehingga dapat dihidupkan menggunakan adaptor biasa. Juga tersedia osilator kristal aktif (berfrekuensi 50 MHz) yang memungkinkan ancangan Anda menggunakan pewaktu (clock) dan fungsi-fungsi penjadwalan lainnya. Untuk keperluan pengujian program, terdapat LED yang dapat diprogram untuk debugging. Semua pin I/O tersedia untuk diakses lewat pin header standar DIP dengan jarak antar pin / pitch 0,1" (2,54mm).

Untuk menggunakan modul ini, silakan unduh aplikasi Quartus II Web Editionsecara gratis dari website Altera. Daftarkan email Anda di situ untuk membuat akun Altera, registrasi tidak dipungut biaya. Setelah terdaftar, Anda dapat mulai mengunduh berkas yang diinginkan, minimal pilih Quartus II Software (includes Nios II EDS)dan MAX II, MAX V device support. Ukuran berkas unduhan sebesar 1,5 GB, pastikan browser Anda mendukung fitur resume download. Untuk versi terkini (v13,1), instalasi piranti lunak ini membutuhkan ruang kosong di hard-disk Anda sebesar minimum 20 GB. Anda juga dapat mengunduh Quartus II Handbooksebagai panduan penggunaan aplikasi ini.