CH375adalah sirkuit terpadu antarmuka komunikasi antara USB (Universal Serial Bus) dengan sinyal TTL dalam pilihan format serialuntuk simplifikasi akses dan format paralel 8-bit data busuntuk kecepatan akses maksimum.

Pada moda serial, akses dilakukan melalui 2 pin (penerima/RX dan pengirim/RX), dapat dihubungkan dengan pin komunikasi serial UART pada MCU. Moda ini merupakan moda sederhana yang hemat penggunaan pin dan paling mudah digunakan (untuk pengguna Arduino: komunikasi data dapat diakses menggunakan pustaka standar Serial), mendukung baudrate hingga 2 Mbps. Pada moda serial, moda akses dibatasi pada moda USB-HOST.

Pada moda paralel, akses dilakukan melalui data-bus sepanjang 8-bit (D7:D0). Moda ini memungkinkan transmisi data dengan kecepatan maksimum hingga 12 Mbps (Full Speed). Pada moda ini Anda dapat memilih antara moda USB-HOST/MASTER atau USB-DEVICE/SLAVE.

Untuk komunikasi multikanal, IC ini mudah digunakan karena tersedia pin aktivasi untuk memilih kanal aktif melalui pin CS(Chip Select, active low).

Selain itu tersedia interrupt pinyang dapat digunakan sebagai pemicu (trigger) untuk mengaktifkan rutin interupsi saat transmisi data terdeteksi untuk efisiensi kode program (komunikasi dikendalikan oleh ISR / Interrupt Service Routine, tidak memboroskan waktu dan daya komputasi seperti pada moda pengecekan berulang (loop check).

Berikut ini adalah diagram fungsional dari IC ini:


Ringkasan fitur CH375B: