Konektor IDC(Insulation-Displacement ConnectorFC-10p betina (Female)ini umum digunakan dengan kabel pita pipih 10 kabel (10p flat ribbon cable) 24 AWG pada koneksi 10 jalur digital seperti pada 10p ISP/ICSP (In-Circuit Serial Programmer) Connector, JTAG 2x5 Connector, AT/Everex, dsb.

Kabel pita 10 jalur yang biasa disebut IDC Cable memiliki pitch(jarak antar titik tengah masing-masing kabel) 1,27 mm (0,05 inch), sementara pin pitchpada konektor ini selebar 2,54 mm (0,1 inch) yang disusun dalam 2 baris masing-masing 5 kolom. Anda dapat menggunakan Shrouded Pin Box Header IDC/ICSP/ISP-10p Maleyang dapat disolder ke PCB sebagai pasangan dari konektor ini.

Konektor IDC ini sangat praktis untuk digunakan karena tidak dibutuhkan proses penyolderan terhadap kabel yang akan dipasang dan juga tidak diperlukan tang crimper khusus untuk memasangkannya, cukup masukkan kabel pita antara blok soket dan blok penjepit lalu tekan menggunakan tang jepit biasa. Penjelasan cara kerjanya dapat digambarkan sebagai berikut:


Toko komponen elektronika online kami menjual konektor ini dengan harga murah dalam paket berisi dua set konektor per lot-nya.