Kapasitor SMD (Surface Mount Device) ini dibuat dengan bahan tantalum dengan kapasitansi sebesar 10µFdan tingkat tegangan maksimum (voltage rating) 16 Volt.

Kapasitor tantalum berbeda dengan kapasitor jenis lainnya dikarenakan kapasitasnya yang besar relatif terhadap beratnya sehingga dapat diperoleh kapasitor dengan tingkat kapasitansi besar walaupun berukuran kecil. Tantalum capacitorjuga memiliki ESR (equivalent series resistance) yang lebih rendah, jauh lebih tahan terhadap kebocoran, dan mampu beroperasi pada suhu lebih tinggi dibanding kapasitor elektrolitik lainnya. Satu-satunya kekurangan kapasitor jenis ini dibanding kapasitor lainnya adalah harganya yang relatif lebih tinggi sehingga biasanya hanya digunakan dimana aplikasi rangkaian menuntut ukuran yang ringkas dan mementingkan kinerja yang tinggi (disadur dan diterjemahkan dari wikipedia tentang tantalum capacitor).

Kapasitor ini dikemas dalam kemasan SMD tipe IEC/3216-18 (EIA 1206) berukuran 3,2 x 1,6 x 1,6 mm dengan lebar terminal kontak 1,2 x 0,8 mm (untuk lebih jelasnya lihat mechanical drawingdi bawah ini). Polaritas ditandai dengan garis merah di sisi positif. Pada permukaan kapasitor tercetak dengan jelas marking code106C(106: 10 x 106pF = 10 µF), C adalah kode tegangan untuk 16 Volt.


Untuk Anda yang mementingkan kinerja dan stabilitas tinggi dari kapasitor ini, kami menjual Solid SMD Tantalum Capacitorini dalam paket murah berisi 10 buah kapasitor 10uF / 16V.