DS1302adalah IC pewaktu (clock chip) trickle-charge(arus disalurkan dalam kuanta kecil dalam interval tetap dalam bentuk denyut pulsa) yang merupakan RTC (real-time clock / calendar)dengan RAM statis sebesar 31 bytes. Komunikasi dari mikrokontroler ke IC ini dilakukan melalui antarmuka serial tersinkronisasi yang sederhana melalui 3 jalur I/O: RST (reset), data, dan SCLK (serial clock).

Sirkit pewaktu ini  menyediakan informasi waktu berupa detik, menit, jam, tanggal, minggu, bulan, dan tahun. Secara otomatis chip ini akan menghitung jumlah hari per bulan yang sudah disesuaikan dengan perhitungan tahun kabisat. Format waktu dapat disetel ke format 12 jam (AM/PM) atau 24 jam.

DS1302 adalah IC hemat daya yang menggunakan energi kurang dari 1 mW (arus yang dikonsumsi kurang dari 0,33µA). Pada modul ini energi penjaga waktu (time keeping) dipasok oleh baterai CR2032 yang sudah terpasang secara terpadu.

Catu daya untuk mengakses modul ini sebesar 2 hingga 5 Volt, cocok digunakan untuk mikrokontroler / sistem yang menggunakan basis tegangan 5 Volt seperti Arduino Uno/Mega ataupun yang berbasis 3,3 Volt seperti Raspberry-Pi atau Arduino Pro Mini 3v3.