1-Wire Temperature Sensor IC Dallas DS18B20adalah IC sensor suhu yang cukup akurat yang diakses melalui protokol 1-Wire(One-Wire bus protocol), diproduksi oleh Maxim Integrated (sebelum diakuisisi: Dallas Semiconductor Inc.).

Protokol 1-Wire hanya membutuhkan 1 kabel koneksi (selain ground) untuk mentransmisikan data, bahkan catu daya dapat diperoleh secara parasit dari pin data tersebut (pada IC ini terdapat kapasitor terpadu yang menyimpan energi listrik dari pin data saat dialiri arus).

Berikut ini adalah ringkasan fitur dari IC DS18B20:
Dengan protokol 1-Wire, Anda bisa menghubungkan hingga 127 peralatan / sensor dengan protokol sama melalui jalur kabel tunggal. Berikut ini adalah contoh cara menyambungkan IC ini ke 1-wire bus pada moda catu daya eksternal:



Dengan adanya nomor identifikasi sepanjang 64-bit (bersifat unik semacam nomor seri / serial number, artinya tidak ada komponen/modul 1-Wire yang memiliki nomor ID yang sama), memilih/mengenali sensor yang akan diakses menjadi mudah. Program pada mikrokontroler (bertindak sebagai "master") mengirimkan pulsa reset yang diikuti oleh pelaporan keberadaan oleh peralatan 1-Wire lainnya ("slaves"). Langkah berikutnya, mastermemilih slaveyang akan diakses dengan perintah MATCH COMMAND(kode 0x55). Perintah/data ditransmisikan secara serial dengan LSB (Least Significant Bit) ditransmisikan terlebih dahulu (contoh: 0x44  = 1000100b, ditransmisikan dengan urutan 0, 0, 1, 0, 0, 0, 1).

Untuk memulai pendeteksian suhu oleh slaveyang sudah dipilih, master mengirimkan perintah CONVERT (kode 0x44) yang ditindak-lanjuti oleh slaveterkait dengan memulai proses pendeteksian suhu (membutuhkan waktu sekurang-kurangnya 750 ms). Hasilnya tidak langsung dilaporkan melainkan disimpan pada memori internal yang disebut scratch-pad. Untuk membaca hasil deteksi ini, master (setelah selang waktu minimal 750 ms terhitung sejak perintah CONVERT diberikan untuk memberi waktu proses berjalan) mengirimkan perintah READ SCRATCHPAD (kode 0xBE) yang akan direspon oleh slave(IC DS18B20 ini) dengan data sepanjang 9 byte.

Untuk informasi selengkapnya, silakan unduh dan baca datasheet dari IC DS18B20 yang tautannya tercantum di bagian referensi.

Toko komponen elektronika kami juga menjual sensor yang menggunakan IC ini dalam bentuk probed cable siap pakai yang tahan air(waterproof DS18B20 temperature sensor), praktis digunakan untuk mendeteksi suhu di berbagai kondisi baik dalam maupun luar ruangan. Untuk penggunaan praktis dalam ruangan, Anda juga dapat memesan IC sensor ini dalam bentuk modul (IC dan komponen pendukung sudah terpasang pada PCB / papan sirkuit tercetak), silakan telusuri katalog harga kami secara online di DS18B20 Temperature Sensor Board Module.
Arduino and DS18B20 Schematic Wiring Example