DS3231 adalah IC pencacah waktu (RTC / Real Time Clock) dengan akurasi yang sangat tinggi dengan antarmuka I2C yang memiliki kristal osilator pengkompensasi suhu (TCXO / Temperature Compensated Crystal Sscillator) and kristal osilasi terpadu. IC DS-3231 dapat menerima masukan catu daya cadangan dari baterai dan tetap mempertahankan pencacah waktu yang akurat saat sumber tegangan utama terputus.

Penggabungan resonator kristal secara terpadu meningkatkan akurasi jangka panjang dan mengurangi kebutuhan komponen eksternal pada rangkaian elektronika.

Toko komponen elektronika Vcc2GND.com menyediakan IC ini dalam kemasan 16-p SOP/SOIC 300-mil (seri DS3231SN) yang ditujukan untuk penggunaan industri (industrial grade, rentang suhu -40°C hingga +85°C).

Fungsi RTC dari IC ini menyediakan informasi waktu secara komprehensif dalam unit detik, menit, jam, hari, tanggal, bulan, dan tahun. Jumlah hari dalam satu bulan secara otomatis tersesuaikan, termasuk korelasi terhadap tahun kabisat. Jam beroperasi baik pada moda 24 jam maupun 12 jam dengan inidikator AM/PM.

Selain dua alarm yang dapat diprogram juga tersedia keluaran gelombang persegi yang dapat diprogram (programmable square-wave output). Alamat antarmuka dan data ditransfer secara serial melalui bus IC dua arah.

Sebuah referensi tegangan yang presisi dengan kompensasi otomatis terhadap perubahan suhu dan sirkuit pembanding memantau catu daya (VCC) untuk mendeteksi kegagalan catu daya, menyediakan keluaran reset, dan secara otomatis beralih ke catu daya cadangan apabila dibutuhkan.

Sebagai tambahan, pin RST (active-low) dapat digunakan sebagai masukan untuk tombol reset yang sudah dilengkapi dengan sirkuit peredam umpan-balik (debounce pushbutton input circuit).

Key Features

Apabila Anda membutuhkan modul siap pakai yang menggunakan IC ini lengkap dengan soket dan baterai catu daya cadangan, Anda dapat memesan modul RTC DS3231 di toko komponen elektronika online ini.