Stasiun pemrograman (programming station) ini merupakan alat bantu yang sangat praktis untuk mengunggah dan menguji program ke mikrokontroler Atmel AVR ATmega328P-20PUataupun MCU AVR 8-bit 28-pin dengan susunan pin yang kompatibel seperti ATmega8-16PUataupun ATmega168. Modul elektronika ini menggunakan ZIF-Socket 28-pinyang sangat praktis untuk memasang / mengganti microcontroller chipyang akan diprogram / diuji.



Untuk mengunggah program, kombinasikan programming toolini dengan code uploaderberkonektor ISP-6p atau ICSP-10p seperti usbASP(belum termasuk dalam paket ini, dijual secara terpisah).

Untuk pemakaian sebagai alat bantu pengujian / purnarupa (prototyping testing tool), modul ini dilengkapi dengan 4 buah debuggingLED yang terhubung dengan pin PD.0 hingga PD.3 (active low, menyala pada logical stateLOW).


Anda dapat memasok catu daya dari pin ICSP ataupun pin berkaitan pada pin headerdengan tingkat tegangan sesuai IC yang digunakan (5 Volt DC untuk ATmega328P-20PU). Bila diperlukan catu daya eksternal (misal untuk pengujian rangkaian berarus besar yang mana pasokan catu daya dari programmertidak mencukupi), Anda dapat menggunakan Adaptor 5VDC eksternaldan DC Power Jack to Cable Terminal Block Converterdengan menghubungkan blok terminal keluarannya dengan pin VCC. dan GND.

Kristal untuk osilator eksternal dapat diganti dengan mudah dengan tersedianya soket untuk kristal yang dapat dibongkar-pasang. Bersama paket ini selain kristal standar 8 MHz,kami sertakan juga secara gratiskristal 16 MHz (kecepatan standar yang digunakan di Arduino 8-bit) dan kristal 20 MHz(kecepatan maksimum ATmega328P-20PU tanpa overclock).