ESP-03adalah modul varian ketiga dari seri modul WiFi berbasis ESP8266 dalam bentuk kepingan modul SMD(surface mount device) nerukuran mungil (17,4 x 12,2 mm) yang dapat digabungkan dengan rangkaian elektronika berbasis mikrokontroler untuk memberikan akses pada jaringan WiFi melalui antarmuka serial.

Kelebihan utama modul ini adalah kemampuannya untuk berfungsi secara mandiri (stand alone) dengan memasangkan firmwareyang dapat dikustomisasi, dengan kata lain modul ini dapat bekerja secara mandiri tanpa mikrokontroler karena modul ini sudah memiliki DPU (Dataplane Processor Unit) terpadu (Tensilica Extensa LX3dengan flash memory berantarmuka SPI 4 Mbit W2540BVNIG). Pada versi ini, semua pin GPIO dapat diakses melalui paddi kedua sisi papan sirkuit tercetak ini.

Pada varian ini, modul sudah dilengkapi dengan antena keramik terpadu (built-in ceramic antenna)sehingga sangat cocok digunakan pada perangkat portabel genggam seperti pada pengendali jarak jauh (remote control), perangkat genggam pemantau status (status monitoring handheld terminal), dan lain sebagainya.

Fitur SoC ESP8266EX:

Berikut ini adalah diagram bagian fungsional dari Espressif ESP8266:

Modul WiFi ini bekerja dengan catu daya 3,3 volt. Salah satu kelebihan modul ini adalah kekuatan transmisinya yang dapat mencapai 100 meter, dengan begitu modul ini memerlukan koneksi arus yang cukup besar (rata-rata 80 mA, mencapai 215 mA pada CCK 1 MBps, moda transmisi 802.11b dengan daya pancar +19,5 dBm belum termasuk 100 mA untuk sirkuit pengatur tegangan internal). Untuk komunikasi, model ini menggunakan koneksi 115200,8,N,1 (115.200 bps, 8 data-bit, no parity, 1 stop bit). Untuk berkomunikasi dengan MCU 5V, pastikan Anda menggunakan level shifter ke 3v3.

Catatan: pad pitchpada modul ini berjarak 2 mm(lebih kecil dibanding pitch standar 2,54 mm). Untuk pemula, dianjurkan menggunakan model ESP-01yang sudah dilengkapi pin header dan lebih mudah digunakan.