Arduino Esplora(high quality original-grade compatible version) adalah papan pengembang yang diturunkan dari Arduino Leonardo. Esplora berbeda dari seri papan pengembang Arduinolainnya dimana selain bentuknya yang unik (seperti pengendali permainan genggam / console game controller) Esplora sudah ditambahkan dengan beberapa komponen elektronika masukan/keluaran siap pakai secara terpadu. Untuk pengenalan langkah per langkah, silakan cek panduan memulai menggunakan Esplora (Getting Started Guide) yang tersedia di website resmi Arduino.

Esplora memiliki keluaran suara dan cahaya secara terpadu, beberapa sensor masukan antara lain joystick, slider, sensor suhu, akselerometer, mikrofon, dan sensor cahaya. Papan ini juga dapat dikembangkan kemampuannya dengan mudah melalui dua konektor masukan dan keluaran Tinkerkit, plus sebuah soket untuk layar TFT LCD.

Seperti papan pengembang Arduino Leonardo, Esplora menggunakan mikrokontroler / MCU AVR ATmega32U4 dengan 16 MHz osilator kristal dan koneksi mikro-USB yang mampu bertindak sebagai perangkat USB, misalnya sebagai mouseatau keyboard.

Pada sudut kiri atas terdapat tombol tekan untuk melakukan reset. Terdapat 4 (empat) LED indikator: LED hijau [ON] untuk menunjukkan keberadaan pasokan catu daya, dan 3 LED SMD kuning-oranye: LED [L] yang terhubungkan dengan pin #13 dari MCU yang dapat diprogram sesuai aplikasi, dan pasangan LED [RX] dan [TX] sebagai indikator komunikasi serial yang dikirim/diterima lewat komunikasi USB.

ATmega32U4 microcontroller memiliki 32 KB (di mana 4 KB sudah digunakan untuk bootloader) Flash Memory (ruang untuk menyimpan kode program), 2,5 KB SRAM, dan 1 KB EEPROM (dapat dibaca dan ditulisi menggunakan pustaka standar EEPROM di paket perangkat lunak pengembangan terpadu Arduino).

Papan pengembang ini sudah memiliki semua yang dibutuhkan untuk mendukung kerja mikrokontroler, cukup hubungkan papan pengembang ini lewat kabel mikro-USB (sudah termasuk dalam paket ini) dengan komputer, unduh perangkat lunak Arduino IDE, dan Anda bisa segera memulai memprogram development boardini.