TENTANG IGBT

IGBT(Insulated Gate Bipolar Transistor) adalah komponen modern yang merupakan generasi selanjutnya dari transistor konvensional (BJT / Bipolar Junction Transistor) dan FET (Field Effect Transistor). IGBT mengkombinasikan kelebihan dari kedua jenis transistor pendahulunya dalam satu komponen yang terintegrasi.

Komponen ini adalah semikonduktor dengan tiga terminal yang fungsi utamanya sebagai sakelar elektronik (electronic switch) yang dikenal karena kecepatannya dalam melakukan switching dan tingginya tingkat efisiensi daya (very low power loss).

Karena rancangan IGBT yang memungkinkan IGBT berpindah dari posisi tersambung (on) dan terputus (off), amplifier yang menggunakannya seringkali mensintesa signal gelombang yang kompleks dengan memanfaatkan PWM (pulse width modulation) dan low-pass filter.

Dalam aplikasi switching masa kini yang memerlukan tingkat repetisi pulsa hingga ke jangkauan ultrasonik -- frekuensi yang memiliki kekerapan setidaknya 10 kali lipat frekuensi audio tertinggi yang dapat dihasilkan oleh peralatan konvensional yang menggunakan amplifier audio analog -- IGBT merupakan solusi terbaik.


DESKRIPSI PRODUK

FGA25N120ANTD adalah IGBT keluaran Fairchild Semiconductor, produsen semikonduktor ternama yang memiliki teknologi perancangan NPT Trench dengan koefisien temperatur positif. Hasilnya adalah IGBT dengan saturasi tegangan yang rendah (Tipikal VCE(sat) pada IC 25A dan TC 25C hanya sebesar 2V saja) dan tingkat kehilangan energi yang sangat kecil (Tipikal Eoff pada IC 25A dan TC 25C sebesar kurang dari 1 milli-Joule).

IGBT ini dapat menangani tegangan sangat tinggi (VCES/ Collector-Emitter Voltagesebesar maksimum 1200 Volts) dan arus sangat besar (IC/ Continuous Collector Currentsebesar maksimum 50A pada TC=25°C, 25A pada TC=100°C). Maksimum daya yang dapat ditangani sebesar 312W pada TC=25°C, 125W pada TC=100°C.

FGA25N120 dapat beroperasi secara normal pada kondisi suhu ekstrim (-55°C hingga +150°C) sehingga sangat cocok digunakan dalam mesin-mesin industri.


KONFIGURASI PIN