Papan tombol membran fleksibel pipih (flat membrane keypad matrix) ini memiliki 12 tombolyang disusun dalam 4 baris yang masing-masing barisnya terdiri atas tiga tombol (3x4 grid). Susunan angka tersusun seperti susunan angka di telepon / ponsel dimulai dari angka satu pada ujung kiri atas, dengan baris bawah berisi tombol angka nol yang diapit tombol bitang (*) di sebelah kirinya dan tombol pagar (#) di sebelah kanannya.

Pada bagian belakang panel terdapat lembar penempel / self adhesive tape, memudahkan untuk instalasi pada lempeng pemasangan.

Ke-12 tombol ini disusun dalam bentuk matriks, untuk pembacaan dapat digunakan menggunakan 7 jalur masukan digital pada mikrokontroler.

Untuk pengguna Arduino, tersedia pustaka yang siap digunakan untuk mendeteksi penekanan tombol: Matrix Keypad Arduino Library. Cara lainnya dapat menggunakan resistor ladder networkuntuk menghemat penggunaan pin dengan mengubah penekanan tombol menjadi tingkat tegangan yang dapat dibaca cukup dengan 1 pin saja (melalui pin ADC / Analog-to-Digital Converter).