Modul FT232RLadalah modul konversi signal USBke signal TTL/UART(USB-to-TTL Converter) yang andal dan praktis untuk digunakan pada rangkaian elektronika berbasis mikrokontroler, dengan demikian perangkat elektronika buatan Anda bisa berkomunikasi dengan perangkat lain lewat komunikasi standar USB.

Modul ini bisa digunakan sebagai USB-to-serial adapteruntuk papan Arduino yang tidak memiliki fungsi USB secara on-boardseperti Arduino Pro Mini.

Konektor USB yang terpasang adalah konektor tipe mini-B female.  Untuk pengguna Linux / MacOS/X tidak diperlukan driver untuk mengakses komponen elektronika ini karena sistem operasi akan secara otomatis mengenali chip USB ini dan memasang driver yang sesuai secara otomatis.

Catatan: Modul ini sudahtermasuk kabel koneksi data, Anda tidak perlu membeli kabel Standard-A/Male to Mini-A/Male USB Connector Cable secara terpisah.

Untuk sistem operasi Windows, silakan unduh FTDI driver pada tautan yang tercantum di bawah ini. Tersedia dua macam driver, VCP (Virtual Communication Port, COMxx:) yang bekerja seperti COM port biasa dan Direct Driver (D2xx) untuk akses cepat melalui API (Application Programming Interface).

Secara default, modul ini bekerja pada tegangan 5V. Bila diinginkan, potong jumper trackpada bagian belakang PCB dengan cutter, lalu sambungkan (short) pad tengah dengan pad 3.3V (lihat gambar pada bagian konfigurasi pin di bawah ini). Apabila Anda sering bekerja dengan kedua tingkatan tegangan tersebut, toko komponen elektronika kami juga menjual FTDI-232/DVS yang memiliki jumperpemilih tegangan sehingga tidak perlu melakukan hackseperti ini.