IC SPLD(Simple Programmable Logic Device) ini merupakan komponen logika terprogram yang sederhana yang dapat menggantikan fungsi rangkaian IC logika seri 7400(gerbang AND, OR, NOT, dsb.) dalam satu sirkuit terpadu. Seri GAL16V8Ddari Lattice Semiconductor ini memiliki 8 (delapan) keluaran sel makro logika dengan polaritas keluaran yang dapat diprogram. Arsitektur generik dari IC GAL® ini dapat mengemulasi berbagai macam perangkat PAL, EPLD, dan PEEL.

Varian 15LP yang dikemas dalam PDIP-20 packaging dengan 20-pin terminal ini bertipe Low Power(reduksi penggunaan daya hingga 50% dari jenis bipolar) yang menggunakan teknologi gerbang mengambang E2(electrically erasable) UltraMOS® Advanced CMOS Technologyyang menawarkan waktu tunda propagasi / maximum propagation delay timekurang dari 15 ns. Semua pin memiliki pull-up aktif.

Arsitektur generik memungkinkan perancangan sefleksibel mungkin dengan mengijinkan sel makro logika keluaran / OLMC (Output Logic Macrocell) untuk dikonfigurasi oleh pemakai, termasuk konfigurasi untuk mengemulasi arsitektur PAL dengan kompatibilitas parametrik penuh untuk semua fungsi / pola relasi (fuse map). Dua bit global, SYN dan AC0, digunakan untuk memilih 3 (tiga) moda konfigurasi OLMC: simple, complex, dan registered. Bit XOR dari setiap sel makro mengendalikan polaritas keluaran, bit AC1 mengendalikan konfigurasi I/O. Keseluruhan konfigurasi dapat diatur dari compilersecara otomatis dari deklarasi di kode konfigurasi.

Catatan: IC ini sudah tidak diproduksi ulang. Untuk rancangan baru, silakan menggunakan Atmel ATF16V8B yang merupakan IC pengganti baru (new direct replacement) untuk PLD keluarga 16R8.