Modul sensor percepatan tiga sumbu (triaxial acceleration sensor module) GY-291 ini menggunakan IC ADXL345 yang beresolusi 13 bit (8194 tingkatan presisi) yang dapat mendeteksi percepatan pada jangkauan hingga 16g (16 x 9,81 m/s2 ~ ±157 m/s2).

Aplikasinya mencakup pendeteksi kemiringan dengan memantau perubahan gaya tarik statis (static gravity acceleration on tilt sensing application) dan percepatan dinamis (dynamic acceleration) yang timbul akibat gerakan (motion) atau tumbukan (impact shock). Dengan resolusi tinggi yang dihasilkannya (3,9mg/LSB high resolution) memungkinkan modul elektronika ini mendeteksi inklinasi pada tingkat yang sangat halus.

Modul ini memiliki fungsi yang identik dengan ADXL345 accelerator module yang juga dijual di toko komponen elektronika kami, perbedaannya terletak pada ukurannya yang lebih ringkas dan penempatan tata letak komponen dan pin header yang disusun berderet pada satu sisi yang sama.

Sensor akselerator ini cocok digunakan pada aplikasi portabel dan sangat cocok digunakan pada rangkaian mikrokontroler semacam papan pengembang Arduino karena akses data dapat dilakukan dengan mudah lewat antarmuka SPI atau I2C. Data direpresentasikan secara digital dalam format integer 16-bit.

Modul sensor GY-291 dapat mendeteksi status aktivitas gerakan (active / inactive) dengan membandingkan percepatan / akselerasi pada sumbu manapun dengan ambang batas sensitivitas yang dapat disetel lewat kode program. Juga tersedia pendeteksi ketukan (tap sensing) yang dapat mendeteksi ketukan tunggal maupun ganda pada berbagai arah. Modul ini juga dapat mendeteksi gerak jatuh bebas (free-fall sensing). Fungsi-fungsi tersebut dapat dipetakan secara terpisah pada pada dua pin interupsi keluaran (interrupt output pins).

Sensor mengelola memori internal statisnya dalam wordsepanjang 32-bit dengan antrian FIFO (first-in, first-out) yang dapat digunakan untuk menyimpan variabel / data temporer hasil pengukuran sehingga mengurangi beban mikrokontroler dan secara umum menurunkan konsumsi energi sistem. Sebagai tambahan, modul ini juga dilengkapi sirkuit pengelola daya yang canggih dimana modul ditempatkan pada moda konsumsi daya yang sangat kecil hingga terdeteksi gerakan yang melewati ambang batas (treshold) tertentu yang mengaktifkan kembali moda normal. Setelah proses pembacaan sensor selesai secara otomatis modul dikembalikan ke moda siaga untuk menghemat energi.