Modul sensor ini berguna sebagai pendeteksi asap dengan metoda kamar ionisasi (ionization chamber).

Sumber radiasi pada kamar ionisasi ini menggunakan isotop 241Am(Americium-241) yang merupakan pemancar partikel alfa (nukleus helium) yang menghasilkan arus ion secara konstan. Walaupun isotop ini bersifat radioaktif, penetrasi radiasi alfa isotop ini sangatlah kecil sehingga tidak beresiko terhadap kesehatan (kecuali bila dihirup dalam jumlah besar).

Saat partikel asap memasuki kamar ionisasi, partikel tersebut mengacaukan (disrupting) arus ion konstan karena ion-ion tersebut ternetralisasi saat menumbuk partikel asap. Anjloknya arus ini yang dapat dideteksi sebagai adanya asap pada lingkungan udara di mana sensor ini ditempatkan.

Untuk akurasi yang lebih baik (sebagai kompensator terhadap perubahan tekanan udara, suhu, dan penyusutan radioaktif), Anda dapat menggunakan dua buah sensor yang sama di mana salah satu sensor ini digunakan sebagai referensi dengan menempatkan sensor referensi secara terisolasi dari udara lingkungan.

Sensor ini beroperasi dengan catu daya antara 6 ~ 18 Volt DC pada rentang temperatur 0 ~ 50°C dan kelembapan relatif  ≤ 95% (tanpa kondensasi embun). Diameter sensor sepanjang 42 mm dengan ketebalan 22 mm, berbobot 12 gram.

Konsumsi daya yang dibutuhkan sangatlah kecil, bila menggunakan catu daya 9V pada suhu ruang dengan RH 60% hanya mengkonsumsi arus kurang dari  0,3 µA. Tegangan keluaran berkisar antara 5,2 volt hongga 6 volt pada udara bersih dengan sensitivitas sebesar 600±100 mV pada densitas asap 2% (diukur sesuai dengan spesifikasi pengujian UL-217). Keterangan selengkapnya dapat dibaca di datasheetterlampir.

Toko komponen elektronika kami juga menjual IC A5368CA yang dapat digunakan untuk memproses data keluaran dari Ion-Chamber Smoke Sensor Probeini.

Catatan: menggunakan sensor ini diperlukan pemahaman yang cukup tentang perancangan rangkaian dan teknik perakitan, terutama berkaitan dengan peredam derau elektrik (electrical noise). Untuk penggemar elektronika pemula, dianjurkan menggunakan MQ-2 Smoke Sensoryang lebih mudah digunakan.