IC Hitachi HM628128ALP-5adalah RAM (Random Access Memory) statis (Static RAM) yang disusun dalam 128K wordmasing-masing seukuran satu byte (8-bit), dengan kata lain SRAM ini berkapasitas satu megabit (1 MBit) atau 128 Kilo Bytes. Seri ALP-5 adalah seri dengan akses tercepat pada keluarga memory ICini dengan kecepatan akses 55 ns. Apabila Anda menggunakan mikrokontroler AVR 8-bit berkecepatan 16 MHz seperti ATmega328(microcontrolleryang digunakan di Arduino Uno) dengan siklus instruksi 65 ns, Anda bisa mengakses data pada memory chipini tanpa jeda sama sekali.

Komponen elektronika ini dibuat dengan memanfaatkan teknologi Hi-CMOS 0,8 mikron di mana sel-sel memori dapat dicetak di keping silikon dengan densitas tinggi, berkinerja lebih baik, dan sangat hemat dalam mengkonsumsi daya. Catu daya yang dibutuhkan untuk mengoperasikan komponen ini sebesar 5V (cocok untuk mikrokontroler berbasis 5 Volt), dengan konsumsi arus tipikal sebear 75 mW pada saat aktif,  atau hanya 10µW pada mode siaga. IC ini dikemas dalam bentuk PDIP-32.

Memori ini adalah memori yang sepenuhnya statis jadi tidak diperlukan clock/ timing strobeseperti pada DRAM untuk mempertahankan datanya. Semua pin masukan/keluaran (I/O pins) dapat dihubungkan langsung dengan microcontrollerdengan tingkat signal TTL.