Sensor pengukur kelembapan udara relatif (air relative humidity sensor) /  HR202Ladalah komponen elektronika berbahan polimer organik yang bersifat resistifdimana tingkat hambatannya akan berubah secara proporsional terhadap perubahan tingkat kelembapan udara di sekitarnya, atau umum disebut sebagai "hygristor". Sensor ini memiliki tingkat akurasi ±5% RH.

Untuk mengubah resistansi menjadi tingkat tegangan yang dapat dibaca oleh mikrokontroler melalui ADC, Anda dapat menggunakan sirkuit pembagi tegangan (voltage divider circuit). Selanjutnya untuk mengkalkulasi nilai persentasi RH, Anda dapat mengkombinasikan sensor ini dengan sensor suhu seperti LM35DZ untuk mendapatkan suhu lingkungan. Untuk mendapatkan nilai persentasi RH sesuai suhu (dalam °C) dan resistansi terukur (dalam KΩ) dapat menggunakan data pada tabel berikut ini, dengan nilai tengah resistansi pada suhu kamar 60% RH sebesar 31KΩ:



Anda dapat menggunakan metoda close-approximation lookupatau pendekatan secara matematik menggunakan fungsi logaritmik, contohnya untuk suhu 25°C dapat dihitung dengan rumus %RH = -9.76901 log(0.0000534266 R).

Catatan: kami tidak menganjurkan menggunakan sensor ini untuk pemula, Anda bisa menggunakan sensor yang jauh lebih mudah digunakan seperti DHT-11yang sudah memiliki kompensator suhu terpadu.