Sensor kelembapan relatif (RH = Relative Humidity) buatan Humirel dengan tipe HS1101 ini bekerja berdasarkan fungsi kapasitansi terhadap perubahan suhu, dengan demikian sensor kelembapan ini termasuk dalam keluargacapacitive humidity sensor.

Sensor ini memiliki kinerja yang mengesankan dengan sensor probe cell berstruktur polimer padat unik yang dipatenkan, cocok untuk sirkuit tegangan linear maupun keluaran frekuensi dengan waktu respon yang cepat dan koefisien suhu yang sangat rendah (TCC = -0,01 pF/°C). Pada penggunaan standar tidak diperlukan kalibrasi dan dapat langsung digunakan. Kelebihan lainnya terletak pada desaturasi yang serta merta (instaneous desaturation) setelah lama berada pada fase saturasi.

Komponen elektronika ini dapat digunakan pada rentang suhu -60°C hingga +140°C pada tingkat kelembapan relatif 0% (sangat kering) hingga 100% (kelembapan maksimum) dengan arus catu daya maksimum 10 Volt. Nominal kapasitansi pada 55% RH sebesar 180±3 pF. Pada rentang 10% hingga 90% RH, deviasi terhadap kurva respon tipikal sebesar ±2% RH.