ICL8038adalah IC monolitik khusus untuk membangkitkan berbagai bentuk gelombang dengan akurasi yang tinggi seperti gelombang sinus (tingkat distorsi kurang dari 1%), persegi, segitiga (linearitas tinggi hingga  0,1%), gigi gergaji dan bentuk gelombang pulsa dengan minimal komponen eksternal.

Frekuensi (atau tingkat pengulangan) dapat diatur secara eksternal mulai dari 0.001Hz hingga lebih dari 300kHz cukup dengan menggunakan resistor atau kapasitor. Frekuensi modulasi dan menyapu (modulation & sweeping frequency) dapat dicapai dengan masukan berupa tegangan eksternal. Siklus kerja (duty cycle) dapat diatur antara 2% hingga 98%. Keluaran dapat diatur dengan pilihan tegangan yang lebar,  antara 5V (TTL) hingga 28V.

Komponen elektronika ini dibuat dengan teknologi monolitik canggih, menggunakan dioda penahan (barrier diode) Schottky dan resistor film tipis. Keluaran yang dihasilkan stabil melalui berbagai variasi suhu dan pasokan. Perangkat ini dapat juga dihubungkan dengan sirkuit fasa berulang terkunci (phase locked loop circuit) untuk mengurangi distorsi suhu (temperature drift) kurang dari 250ppm/°C.

Komponen elektro ini dapat beroperasi di suhu 0° hingga 70°C, rentang suhu yang ideal untuk iklim di Indonesia.

Berikut kami lampirkan konfigurasi pin dan diagram blok dari komponen ini: