Modul pengirim sinyal / transmitter module berukuran ringkas dan tipis dengan bobot ringan yang praktis untuk digunakan. Walaupun simbol tombol yang tercetak merupakan simbol untuk pemutar lagu, remote controlini dapat digunakan untuk aplikasi apapun sesuai dengan kebutuhan Anda, mulai dari pengendali sistem rumah pintar (smart-home), pengendali robotika, sistem navigasi menu, sistem masukan kunci pengamanan (security key input), dan lain sebagainya.

Pengendali jarak jauh inframerah 18-tombol (18-keys infrared remote control) ini dapat digunakan pada proyek rangkaian elektronika berbasis mikrokontroler sebagai alat pengendali nirkabel yang fleksibel.
Dalam paket ini juga disertakan sensor penerima sinyal infra merah (infrared receiver sensor) yang bekerja pada modulasi frekuensi 38 kHz menggunakan sirkuit terpadu HX1838 untuk menangkap sinyal yang dikirimkan, menerjemahkannya melalui program di MCU menjadi kode kunci, dan mengambil tindakan sesuai dengan tombol yang ditekan.

Catu daya modul pengendali nirkabel ini menggunakan baterai kancing 3 Volt (tipe CR2025) yang dapat digunakan untuk waktu yang lama (baterai sudah termasuk dalam paket ini).