Sensor suhu / temperature sensor ini menggunakan termokopel tipe K (K-Type Thermocouple) dengan temperature spring probeyang tahan terhadap suhu tinggi, diproses oleh modul digitizeryang menggunakan IC MAX6675 dari Maxim.


MAX6675 bukan saja mendigitalisasi sinyal analog dari termokopel tipe-K, sirkuit terpadu di dalamnya juga melakukan kompensasi "persimpangan dingin" (cold-junction) untuk akurasi terbaik. Yang dimaksud cold-junction-compensationadalah fungsi IC Ini untuk mendeteksi fluktuasi suhu lingkungan (ambience temperature)  pada ujung dingin (cold-end) — suhu yang dideteksi oleh sensor suhu internal MAX6675, dapat berkisar antara -20°C hingga +85°C — sehingga dapat mengoreksi pembacaan suhu pada ujung panas (hot-end) yang merupakan suhu yang terbaca pada probe(hingga +1024°C, dalam kit ini maksimum suhu dibatasi oleh probe's temperature ratingsebesar +800°C). Penjelasan teknis yang lebih mendetil dapat dibaca di datasheet MAX6675 terlampir di bagian referensi.

Mengakses data dari MAX6675 dapat dilakukan dengan mudah dari mikrokontroler melalui protokol SPI (Serial Peripheral Interface). Data yang dilaporkan beresolusi 0,25°C dengan lebar data 12 bit (0~4095).