KA7631 dari Fairchild Semiconductor adalah sirkuit terpadu pengatur tegangan positif tetap (fixed positive voltage regulator) yang presisi (maksimum deviasi 2%) dengan tiga tegangan keluaran sekaligus (5,1 V, 9 V, dan 12V) dalam satu IC. IC ini mirip dengan KA7630, bedanya pada tegangan keluaran kedua (KA7630 keluaran kedua bertegangan 8V).

Untuk keluaran 5v1 dan 9v arus maksimum sebesar 500 mA, sedangkan untuk keluaran 12v arus keluaran dapat mencapai 1 Ampere dengan transistor PNP eksternal.

Sirkuit reset internal membangkitkan pulsa reset ketika keluaran 5v1 menurun di bawah nilai yang diatur / regulated value. Keluaran 9v dan 12v dapat dinon-aktifkan dengan kendali sinyal TTL.

Fitur proteksi mencakup proteksi tegangan berlebih (overvoltage protection), perlindungan terhadap hubungan singkat (short circuit protection), dan mematikan sirkuit saat kelebihan panas (thermal shutdown).

Catu daya masukan untuk masukan pertama (VIN1) dapat berkisar antara 7,5 Volt hingga 14 Volt, sedangkan masukan kedua (VIN2) dapat berkisar antara 11,5 hingga 18 Volt. IC ini dikemas dalam 10-SIP H/S packaging, dapat digunakan pada suhu antara 0° hingga 125°C. Keterangan selengkapnya dapat dibaca di datasheetyang tautannya kami sertakan di bawah ini.

Berikut ini diagram bagian dalam (internal block diagram) dan pemetaan pin (pinout; angka dalam lingkaran; nomor satu adalah pin paling kiri saat IC dipandang dari muka / tulisan pada IC menghadap ke depan) dari IC KA7631: