Saklar sensor suhu / temperature switch sensor dengan elemen pendeteksi bimetal ini akan membuka (sirkuit terputus / posisi "off") pada saat temperatur di sekitar komponen elektronika ini mencapai suhu 45°C (113° Fahrenheit). Sebaliknya pada suhu di bawah 45C (kondisi "normal"), saklar ini berada di posisi menutup (sirkuit tersambung / posisi "on"), atau disebut sebagai Normally Closed(N/C). Saklar ini akan otomatis kembali menutup (automatic reset) pada saat suhu turun ke 40°C (rentang histeresis suhu 5°C).

Aplikasinya dapat digunakan pada berbagai rangkaian elektronika yang bereaksi terhadap perubahan suhu, contoh: sebagai pemicu / triggerpenghangat air otomatis, pendeteksi pada pendingin mesin otomatis, penjaga suhu pada sistem pembiakan bio-organik (bakteri / alga / enzim), dsb.

Thermostat switch sensordengan nomor seri KSD302 ini dapat digunakan pada rangkaian elektronika dengan tegangan hingga 250 Volt dan dapat dilalui arus hingga maksimum 10A (disipasi daya maksimum 2500 Watt). Resistansi sirkuit pada kondisi terbuka sebesar 50 MΩ, dengan insulasi berhambatan 100MΩ.