IC L7805CV (LM7805CT)adalah sirkuit terpadu pengatur tegangan linear positif tiga terminal (3-terminals linear positive voltage regulator) yang dikemas dalam TO-220 packaging. Pada IC dengan tegangan keluaran tetap (fixed voltage output) terdapat pembatas arus terpadu (integrated current limiting circuit), pelindung kelebihan panas (thermal shutdown feature), dan sistem proteksi rentang operasional aman / safe operating area protectionyang membuat IC ini secara esensial sangat kuat, atau meminjam istilah dari pabrik pembuatnya: indestructible.

Apabila heatsink(pelat pembuang panas)yang tepat digunakan, IC ini dapat digunakan untuk memasok arus hingga 1 Ampere. Berikut ini adalah diagram bagian fungsional dari komponen elektronika ini:



Tegangan masukan dapat berkisar antara 7 hingga 25 Volt DC dengan panas yang dihasilkan pada permukaan kemasan (RthJC, thermal resistance junction-case) sebesar 5°C per Watt daya yang dibakar (daya dihitung berdasarkan perbedaan tegangan masukan dan keluaran dalam volt dikali arus yang dipasok dalam ampere). IC ini dapat digunakan dalam rentang suhu 0 hingga +150°C.