Dapatkan paket bundel LCD Display 1602 (16x2 karakter, HD44780 display controller) dengan I2C Converter Board yang praktis untuk digunakan dalam proyek mikrokontroler Anda. Dapat langsung dihubungkan dengan microcontroller/ papan pengembang yang mendukung protokol komunikasi I2C seperti Arduino.



LCD Character 16x2 HD44780

1602 IIC Converter Board
Tanpa menggunakan modul I2C Display Controller / Converter Board ini, diperlukan jumlah pin yang cukup banyak mengendalikan layar LCD ini (4 pin data pada moda 4-bit / 8-pin data pada moda 8-bit + 1 pin RS + opsional 1 pin untuk R/W + 1 pin Enable, di luar pin untuk mengendalikan lampu latar). Pada mikrokontroler / development boarddengan jumlah pin terbatas (seperti pada Arduino Uno), hal ini menjadi masalah karena pin yang tersedia banyak digunakan untuk tampilan sehingga pada jumlah modul yang banyak (berbagai macam sensor) pin yang tersedia terlanjur habis digunakan.

Untunglah tersedia board I2C converter ini yang hanya menggunakan 2 pin (pada Arduino Uno, cukup hubungkan dengan pin A4/SDA dan A5/SCL selain pasokan +5V dan ground/ GND). Bahkan bila Anda sudah menggunakan modul berbasis I2C lainnya, praktis tidak ada pin tambahan yang diperlukan karena peralatan I2C dapat disambungkan bersama-sama dengan pin I2C yang sudah ada (shared bus pins).

Tingkat kontras dapat disetel dengan memutar potensiometer (komponen elektronika yang berwarna biru). Putar searah jarum jam untuk meningkatkan kontras, putar ke arah sebaliknya untuk mengurangi kontras.