LCD(Liquid Crystal Display) ini adalah penampil grafis yang digunakan di telepon seluler Nokia seri 5110/3310. Komponen elektronika ini memiliki resolusi grafik 84×48 pixel1-bit (monochrome). Ukurannya ringkas dengan lintang diagonal sekitar 3,5 cm, namun memiliki tingkat keterbacaan yang sangat baik dan sudah memiliki lampu latar / backlight. Ini adalah tampilan grafis (graphics display) dengan harga paling murahyang saat ini tersedia di pasaran.

Kelebihan dari LCD ini adalah kemampuannya untuk menampilkan bitmapgrafik, bukan cuma sekedar karakter. Dengan demikian kita bisa melakukan kustomisasi tampilan, menampilkan simbol-simbol yang dapat ditentukan sendiri, bahkan melakukan animasi sederhana.

Menggunakan komponen elektronika ini sangatlah mudah dan hanya memerlukan sedikit pin digital I/O (antara 3 hingga 5 pin). Konsumsi dayanya pun cukup rendah mengingat memang aslinya LCD ini ditujukan untuk digunakan di telepon seluler di mana penghematan penggunaan daya listrik sangatlah diperhatikan. Dimensi keseluruhan (termasuk base-board) dari modul ini sebesar 45 x 45 mm.

Anda juga bisa mengendalikan tingkat kecerahan lampu latar denga menggunakan pin PWM dari mikrokontroler Anda (ATmega328/ Arduino Unomemiliki 6 pin yang berkemampuan PWM).

Chip driver untuk LCD Display ini menggunakan PCD8544 yang berjalan dengan catu daya 3v3 dan mengkonsumsi arus maksimum 10 mA. Bila Anda menggunakan Arduino Uno, Anda dapat menggunakan pin keluaran 3v3 yang tersedia. Alternatif lain bila Anda membuat papan pengembang Anda sendiri, Anda bisa menggunakan voltage regulator 3.3V seperti AMS1117-3.3. Tegangan pada pin masukan modul ini juga harus lebih kecil dari 3v5 (ideal di 3v3), namun board ini sudah dilengkapi dengan level shifter sehingga Anda bisa menghubungkannya dengan pin keluaran di tingkat TTL 5V (logic level untuk rangkaian berbasis mikrokontroler 5V seperti Arduino Uno).

PCD8544 adalah IC pengendali LCD (LCD driver) berbasis teknologi CMOS yang berdaya rendah, dirancang khusus untuk mengendalikan tampilan grafik dengan resolusi 48 baris @ 84 kolom. Semua fungsi yang diperlukan untuk mengendalikan LCD sudah disediakan secara terpadu di komponen ini, termasuk modul untuk memasok listrik dan tegangan bias sehingga meminimkan penggunaan komponen eksternal dan mampu menghemat penggunaan listrik. PCD8544 berkomunikasi dengan mikrokontroler menggunakan antarmuka busserial.

Untuk pengguna Arduino dapat mengunduh dan menggunakan pustaka (Arduino library) dari tautan yang kami lampirkan di bagian referensi. Pustaka ini memiliki fungsi lengkap untuk menipulasi grafis seperti menuliskan teks, menggambar titik dan bentuk-bentuk geometris (garis, persegi, lingkaran) atau menampilkan grafik bitmap yang sudah dikonversi ke format monochrome raw Array.

Catatan: Nokia 5110 LCD adalah disassembled display dari telepon seluler overstockNokia 5110 (bukan komponen yang diproduksi untuk pasar umum), jadi komponen ini adalah refurbished.
Contoh cara menghubungkan LCD ini dengan Arduino Uno (atau papan berbasis 5 Volt lainnya):