LED (Light Emitting Diode) berdiameter 5 mm ini memancarkan cahaya pada panjang gelombang ±395 nM yang mendekatiperbatasan antara cahaya tampak berwarna ungu / violet dengan cahaya ultraunguyang kasat mata / ultraviolet.

Pada panjang gelombang ini spektrum cahaya yang dipancarkan memang belum memasuki area spektrum ultraviolet (380 nM) dan cahaya yang dipancarkan masih terlihat mata manusia, namun sudah menghasilkan efek pendar yang ditimbulkan oleh sinar ultraviolet. Dengan demikian LED ini umum digunakan sebagai pemendar bahan yang bersifat fluorescent.

Contoh aplikasinya meliputi dekorasi dengan cahaya pendaran, pendeteksi uang palsu, dsb. Panjang gelombang ini aman terhadap kesehatan dibanding sinar UV sesungguhnya (misalnya "black-lightUV") yang bersifat membahayakan jaringan sel mahluk hidup.

Contoh aplikasi lain misalnya sebagai cahaya pengering (UV curing), pendeteksi kebocoran gas pendingin (coolant leak detector), dsb.

Tegangan panjar maju untuk LED ini sebesar VF= 3,2±0,2V dengan konsumsi arus 20 mA. Lensa berbentuk bundar-datar (flat-top) dengan lensa berwarna transparan. Sudut pancar cahaya sekitar 170°.

Toko komponen elektronika online kami menjual Near-UV LED ini dengan harga murah dalam paket berisi 5 buah LED per lot-nya.