WS2812Bbukanlah sekedar LED RGB biasa karena pada komponen elektronika ini sudah tertanam Serial Controller IC secara built-insehingga LED ini dapat dikendalikan secara individualdengan amat mudah secara serial. Selain mikrokontroler untuk menentukan warna apa yang akan ditampilkan pada masing-masing LED (pixel data), Anda tidak memerlukan komponen eksternalapapun untuk mengendalikan rangkaian LED ini selain satu resistor pembatas arus untuk keseluruhan untaian LED.

Teknologi baruini akan mengubah cara kita membuat modul tampilan semacam scrolling text LED display/ running text modulekarena dengan menggunakan komponen ini didapat keuntungan:
Apabila pada sistem LED konvensional Anda membutuhkan rangkaian multiplekser dan data shifting circuitatau menggunakan IC khusus untuk pengendali tampilan (seperti IC MAX7219 LED Driver), komponen ini tidak memerlukan IC semacam itu. Cukup rangkaikan LED ini (bisa mencapai 1024 titik -- batasan ini bukan karena alasan elektris tapi lebih karena batasan waktu untuk menjaga referesh rateyang halus / non-flickering di tingkat 30 Hz) untuk membuat untaian piksel (pixel row array) dan kirimkan data secara serial ke LED pertama dalam untaian menggunakan moda komunikasi NZR.

Smart Circuitdalam komponen ini akan mengambil data pertama yang masuk dan meneruskan data selanjutnya ke LED berikutnya (analoginya seperti dosen membagikan kertas ujian pada mahasiswa yang duduk di depan, mahasiswa tsb mengambil satu kertas dari tumpukan paling atas dan meneruskan sisanya ke mahasiswa di belakangnya). Dengan cara ini setiap LED dapat ditentukan warnanya (kombinasi dari 3 warna dasar RGB / Red-Green-Blue untuk membentuk warna apapun dalam spektrum warna) secara individual (beda dengan LED strip biasa yang dalam satu untaian semua LED hanya bisa menampilkan satu warna yang sama / seragam).

Transmisi data akan diperkuat oleh masing-masing LED sehingga data tidak akan hilang di tengah jalan karena kekurangan daya, dengan demikian mikrokontroler cukup menyerahkan data melalui LED pertama lewat terminal DINyang mengkonsumsi arus tipikal sebesar 18,5 mA saja (kabar gembira bagi pemakai Arduinokarena Anda dapat langsung menghubungkan terminal DINini dengan pin digital outputmana saja, cukup dengan menambahkan satu limiting resistorsebesar 470Ω secara seri).

Karakteristik LED:
Selengkapnya silakan baca datasheetdan berbagai referensi yang tautannya terlampir di bawah ini.