Arduino Leonardo adalah papan pengembang purnarupa dengan mikrokontroler berbasis ATmega32U4 dari Atmel. Papan ini memiliki 20 pin I/O digital dengan 7 di antaranya dapat digunakan sebagai keluaran PWM (Pulse Width Modulation) dan 12 pin dapat digunakan sebagai masukan analog dengan ADC (Analog-to-Digital Converter) sepanjang 10 bit. Microcontroller ini berjalan di kecepatan 16 MHz dengan panduan detak dari osilator kristal berpresisi tinggi.

Dilengkapi dengan konektor USB mikro, konektor catu daya, ICSP header, dan tombol reset, development board ini memiliki semua yang dibutuhkan untuk mendukung pengerjaan proyek mikrokontroler; cukup hubungkan dengan komputer lewat kabel USB atau hubungkan dengan adaptor AC-ke-DC atau baterai untuk memulai menggunakannya.

Leonardo menjadi unik dan berbeda dari papan pengembang dasar kelas Arduino Uno karena papan yang menggunakan Atmel ATmega32U4 ini memiliki fungsi komunikasi USB secara terpadu tanpa perlu bantuan dari prosesor sekunder. Fitur USB ini memungkinkan Leonardo untuk berperan sebagai USB HID (USB Human Interface Device), misalnya sebagai USB mouse atau keyboard.

Spesifikasi Arduino Leonardo: